Minggu, 13 Desember 2015

Ini alasan kenapa mobil berhenti ketika melewati perlintasan KA

INFO PENTING BAGI PENGEMUDI MOBIL.

Penjelasan kenapa mesin mobil sering mati di atas perlintasan sebidang rel KA ?
Orang awam mengira hal ini di sebabkan  karena perlintasan tsb angker/kurang sajen dan kemenyan/ada demit dll
Penjelasan teknis :
Di lokomotif ada boggie (roda kereta) dimana komponen utamanya adalah dinamo, di dlm dinamo ada unsur magnit yg cukup besar, Jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar). Hal ini berdampak pada rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1 Km dari lokomotif. Saat kendaraan bermotor melintasi rel KA, biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tdk memindahkan gigi mesin yg lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yg ada dpt seketika mati akibat faktor medan magnit boggie KA yg dihantarkan oleh rel KA. Oleh Karena itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum KA mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel KA yg berjarak kurang dr 1 Km akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yg sdh lemah dpt MATI ( mesin mati).
Bila hal ini terjadi segera keluar dari mobil anda, Karena mesin mobil akan susah untuk di stater kembali.
Maka disarankan jangan melintasi rel KA bila sdh terlihat KA walaupun masih berjarak 1 Km dari perlintasan sebidang demi keselamatan anda, Ingat KA tdk bisa mengerem mendadak karena roda dan rel terbuat dari baja sehingga tdk ada friksi, rata- rata KA akan berhenti sejauh 800 M setelah di rem".

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar